Pria Nekat Rampok Bank Mandiri, Nabrak Pintu Kaca, Tertangkap

Pria Nekat Rampok Bank Mandiri, Nabrak Pintu Kaca, Tertangkap

SAMARINDA - Joni Pranata (24) nekat melakukan perampokan Bank Mandiri Samarinda, Kalimantan Timur. Dia membaca pistol mainan dan mengancam meledakan bom.

Joni memanfaatkan waktu salat Jumat, di mana suasana di bank tersebut relatif lebih sepi dari biasanya. Aksi pelaku tersebut terekam CCTV.

Setibanya di Bank Mandiri, dia masuk dan naik ke lantai 2. Di lokasi itu, ada 3 teller yang bertugas dan semuanya wanit.

Pada kesempatan itu, Joni berpura-pura hendak menyetorkan uang. Salah satu teller wanita kemudian melayani pelaku dan meminta mengisi slip setoran.

Kemudian Joni menyodorkan kertas dengan tulisan yang berisiancaman. \"Aku punya pistol, aku punya bom. Jangan bertindak bodoh kalau tidak ingin mati,\" demikian tulisan itu.

Menerima ancaman itu, teller kemudian berteriak ketakukan. Pelaku yang panik kemudian berusaha kabur. Di lantai 1, Joni sempat mendorong sekuriti yang hendak menghadangnya.

Pelarian Joni sempat terhalang pincu kaca. Dia tidak menyadari pintu itu dan menabraknya hingga pecah.

Aksi pengejaran yang dilakukan sekuriti akhirnya berhasil, dibantu warga sekitar. Kini Joni meringkuk di penjara Polresta Samarinda.

Kepada penyidik, dia mengaku nekat melakukan aksi itu karena terlilit utang Rp 180 juta.

Kanit Jatanras Polresta Samarinda Ipda Dovie Eudy mengungkapkan, petugas juga mengamankan beberapa barang bukti dari pelaku.

Yakni, satu buah pistol mainan dan bom bohongan yang terbuat dari kaleng semprotan. \"Itu bom bohongan, dibuat dari kaleng semprotan, dilakban hitam, dikasih kabel-kabel seolah mirip seperti bom,\" terang Dovie.

Kemudian, terdapat juga barang bukti 4 petasan sebagai benda ancaman bawa bom dan kertas berisi ancaman serta motor pelaku.

Polisi masih menyelidiki pelaku. Apakah dia residivis atau pernah terlibat kejahatan lainnya. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: